Home Berita Islam Menag Yaqut, Niat Hati Klarifikasi Malah Seret Kontroversi Semua Agama

Menag Yaqut, Niat Hati Klarifikasi Malah Seret Kontroversi Semua Agama

33
0
Menag Yaqut, Niat Hati Klarifikasi
Menag Yaqut, Niat Hati Klarifikasi

Mentri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, tengah menjadi perbincangan warganet soal pernyataannya yang dianggap telah membandingkan suara Adzan dengan gonggongan anjing.

Kontroversi tersebut dimulai saat Yaqut melakukan kunjungan kerja ke Pekanbaru, Riau, pada Rabu (23/2). Saat itu ia menjelaskan tujuan pembuatan aturan penggunaan sepiker masjid.

Dalam penjelasannya, Yaqut mencoba menjelaskan tujuan penerbitan surat edaran tersebut yang diharapkan dapat menjaga keharmonisan di masyarakat melalui sejumlah perumpamaan.

“Kita bayangkan lagi, kita muslim, lalu hidup di lingkungan nonmuslim, lalu rumah ibadah saudara kita nonmuslim bunyikan toa sehari lima kali dengan kencang-kencang secara bersamaan itu rasanya bagaimana?” kata Yaqut saat menemui sejumlah wartawan di Pekanbaru.

“Yang paling sederhana lagi, tetangga kita ini dalam satu kompleks, misalnya, kanan kiri depan belakang pelihara anjing semuanya, misalnya, menggonggong dalam waktu bersamaan, kita ini terganggu enggak?” imbuhnya.

Setelah pernyataan tersebut beredar, sejumlah pihak menganggap Menag Yaqut telah menistakan Agama dan menempuh jalur Hukum ke Kepolisian.

Kemudian pada Kamis (24/2/2022), Yaqut mengklarifikasi soal pernyataannya dengan mengatakan bahwa ada salah penafsiran terhadap ucapannya di pemberitaan media massa.

Namun, dalam klarifikasi tersebut, ada ucapan yang dianggap kembali menuai kontroversi sehingga kembali menjadi perbincangan warganet.

Pemilik akun Twitter @papa_loren mengunggah sebuah tangkapan layar kutipan pernyataan Yaqut dari salah satu berita pada Jumat (25/2/2022).

Pada foto tersebut tertulis, “”Saya hanya berusaha sekuat saya, menahan agar agama tidak menjadikan manusia sewenang-wenang terhadap manusia lain, mentang-mentang besar, banyak, kuat,” ucap pria yang karib disapa Gus Yaqut, Kamis malam (24/2).”

Namun, pengunggah cuitan itu memberikan tanda merah pada tulisan “agama tidak menjadikan manusia sewenang-wenang”.

Sambil mengunggah tangkapan layar tersebut, pemilik akun @papa_loren menulis,” Mksd hati klarifikasi, apa daya kecerdasan tak mumpuni. Klo kmrn yg disinggung cm ummat Islam, skrg seluruh Agama dia serempet.”

“Sejak kpn Agama bikin manusia sewenang-wenang?” tanyanya.

Cuitan tersebut pun mendapat respon dari Humas Partai Ummat, Mustofa Nahrawardaya. Ia membalas, “Ya Allah, jangan sampai Menteri Agama nanti mengira larangan keluar rumah, larangan terbang, larangan suara sound system selama Nyepi di Bali itu, sebagai kesewenang2an. Jangan sampai beliau menganggap peringatan maulid pakai Big Sound itu kesewenang2an. Jangan sampai. #Toleransi.”

Balasan Mustofa mendapat beberapa tanggapan dari netizen, salah satunya akun Twitter @UdhaKayuno.

Ia mengatakan, “Jgn sengol umat lain bang, gak elok. Fokuslah, Gak kondusif ntar. Dia menteri Agama umat Islam saja, ke depan 6 Agama akan punya Menteri Agama sendiri-sendiri. Memalukan, punya menteri macam begini, cukup u umat kita saja.”

Kemudian dibalas kembali oleh Mustofa untuk menegaskan kalau Yaqut merupakan menteri untuk semua agama.

“Dia Menteri Semua Agama. Jangan menyesatkan,” balas Yaqut.

Postingan @papa_loren sendiri kini sudah mendapat ratusan retweets dan likes, serta beberapa komentar yang ditulis oleh netizen.

“Dia tuh the real musuh dalam selimut. Ngaku islam tp seperti ingin menghancurkan islam. NU sekarang isinya begitu semua apa cuma dia doang? Kalo ada parasit mending dibuang daripada nularin penyakit ke yg lain,” ujar @tidaksukab****.

“Menurut ketum Ndangdut se Endonesa raya mungkin ngerasanya itu lagi ngejelasin soal agama islam doank bang kan dia bikin masalahnya sama agama islam terus dr awal,” ungkap @Sabiha****.

“Agama terdiri dari kata “a” yang berarti “tidak”, dan “gama” berarti kacau. Dengan demikian, agama adalah peraturan yang menghindarkan manusia dari kekacauan, serta mengantarkan menusia menuju keteraturan dan ketertiban. Sejak kpn agama bikin kacau pak menteri.. ?” tanya @Hafid***.

“Agama menjadikan sewenang wenang? Kok pernyataannya kerasa aneh ya..bukannya Justru agama itu membuat manusia tau batasan-batasan, mana yg boleh mana yg tidak boleh,” kata @Hasan_****.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here